Skip to main content

Pedoman Beasiswa S2 Guru SMP Tahun 2015

Kali ini Gussmart membagi ulang informasi Pedoman Beasiswa S2 Guru SMP Tahun 2015, dengan informasi sebagai berikut:

Kriteria Calon Peserta. Seleksi administratif dilakukan oleh Direktorat Pembinaan PTK Dikdas, Ditjen Dikdas Kemdikbud dengan ketentuan sebagai berikut.


  1. Bagi Guru SMP berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS). 
  2. Bagi guru swasta, berstatus sebagai guru tetap yayasan (GTY), 
  3. Bagi Guru Honorer di SMP negeri harus memiliki SK Kepala Dinas Pendidikan sebagai guru honor. 
  4. Berusia maksimum 37 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. 
  5. Khusus untuk daerah terpencil, tertinggal, dan terluar berusia maksimum 42 tahun per 1 September 2015 yang dibuktikan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang, serta SK pejabat berwenang tentang penetapan daerah terpencil, tertinggal, dan terluar. 
  6. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang sekarang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT) dengan IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. 
  7. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun mengajar yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama (ditambah dengan SK Daerah khusus untuk Guru yang bertugas di daerah khusus) yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. 
  8. Memperoleh izin dari pejabat yang berwenang untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi jenjang strata dua (S-2), dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
  9. Memiliki prestasi akademik yang terkait dengan tugas keguruan/kependidikan (akan lebih diutamakan), dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan yang relevan. 
Untuk menjaring calon mahasiswa/peserta yang memiliki kemampuan terbaik, maka Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas akan menetapkan jumlah calon mahasiswa lebih dari kuota yang ditetapkan untuk setiap program studi. Kuota untuk guru swasta dan honorer maksimal 10%.

Program studi yang dibuka:
  1. Program Studi Pendidikan Matematika, 
  2. Program Studi Pendidikan IPS, 
  3. Program Studi Pendidikan IPA, 
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. 
 Program studi dimaksud, dibuka di empat LPTK mitra Direktorat Pembinaan PTK Dikdas - Ditjen Dikdas - Kemdikbud, dengan kuota di masing-masing LPTK akan diatur lebih lanjut.

Adapun empat LPTK dimaksud adalah sebagai berikut.
  1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)- Bandung. 
  2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) – D.I.Yogyakarta. 
  3. Universitas Negeri Malang (UM) – Malang. 
  4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) – Surabaya. 
Pengiriman Berkas Pendaftaran Berkas pendaftaran dikirim mulai 20 Mei 2015 sampai dengan terakhir diterima di Subdit PTK SMP, Dit. P2TK Dikdas tanggal 23 Juni 2015 ke alamat: Subdit PTK SMP Dit. P2TK Dikdas – Ditjen Dikdas – Kemdikbud Gedung C Lantai 18 Jl. Jenderal Sudirman Senayan, Jakarta Pusat Telepon: 021.57851860 Fax: 021.57851860

Demikian informasi singkat tentang Pedoman Beasiswa S2 Guru SMP Tahun 2015. Selengkapnya tentang Pedoman Beasiswa S2 Guru SMP Tahun 2015 dapat disimak dan atau diunduh dari tautan slideshare berikut,


Comments

  1. great post , the way of explaining points is amazing , and i also found your blog very cool. keep it up

    7 Amazing Recent Posts Widgets for Blogger visit: www.mytrickspedia.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak menyertakan link aktif, terimakasih.

Popular posts from this blog

Kurikulum 2013 SMP/MTs Sesuai Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014

Kurikulum 2013 menjadi bahasan utama dunia pendidikan saat ini. Kemendikbud, dinas pendidikan, sekolah, guru, siswa, orang tua,  komite sekolah dan masyarakat pendidikan membahasnya dalam berbagai kesempatan. Banyak warga sekolah menjadi sibuk dalam mempelajari dan mengimplementasikan kurikulum 2013.


Berikut penjabaran Kurikulum 2013 SMP/MTs menurut Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah : Kurikulum pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yang telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2013/2014 disebut Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah terdiri atas:Kerangka Dasar Kurikulum;Struktur Kurikulum;Silabus; danPedoman Mata Pelajaran.Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Das…

10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Hai para siswa, sudahkah kalian belajar hari ini? jawabannya saya yakin sudah!, tapi apakah belajar kalian sudah efektif dan efisien?

Kali ini gussmart akan membahas 10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Belajar pagi para siswa adalah sebuah kewajiban, kewajiban yang melekat pada predikat yang disandangnya yaitu : Pelajar. Pelajar = belajar, Pelajar yang baik ya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau ketrampilannya. Belajar yang baik seharusnya belajar yang dapat mendukung pencapaian tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Belajar yang berkualitas bagi seorang pelajar adalah belajar yang efektif dan efisien.   Belajar  yang tidak bermutu sama dengan buang-buang energi. Buang-buang energi setali tiga uang dengan menyia-nyiakan umur. Kalau usia muda hilang karena kesia-siaan maka tidak akan dapat diambil kembali.

Bagaimana  cara belajar yang e…

Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 Tingkat SMP Lengkap

Silabus Kurikulum 2013 merupakan dokumen dasar penting bagi guru untuk membuat perencanaan pembelajaran. Dari Silabus nanti diturunkan menjadi RPP dan digunakan dalam KBM. Silabus Kurikulum 2013  mengalami perubahan seiring dengan perkembangan implemantasi kurikulum 2013. Edisi awal yang dirilis tahun 2013 telah mengalami beberapa perubahan. Awal bulan September 2014 ketika penulis mengikuti kegiatan IN dalam Pendampingan Kurikulum 2013 memperoleh bundel Silabus Kurikulum 2013 yang sudah direvisi versi terbaru ( tanggal penyimpanan file 02 Juni 2014).



Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 (Juni) Tingkat SMP (kelas 7, 8 dan 9) terbaru semua mata pelajaran lengkap, dapat diunduh dari tautan Dropbox berikut ini :
Silabus Agama Islam SMPSilabus Agam Kristen SMPSilabus Agama Katolik SMPSilabus Agama Hindu SMPSilabus Agama Budha SMPSilabus Agama Khonghucu SMPSilabus PPKn SMPSilabus Bahasa Indonesia SMPSilabus Matematika SMPSilabus IPA SMPSilabus IPS SMPSilabus Bahasa Inggris SMPSilabus Seni Buda…