PDF Reader Ringan Untuk Buka Softcopy Buku Kurikulum 2013 Yang Berat

Gussmart.com: Softcopy Buku Kurikulum 2013 yang terdiri atas buku guru dan buku siswa dalam format file pdf mempunyai ukuran file yang cukup besar. Kalau dibuka di PC atau laptop dengan kualifikasi prosesor dan memori yang memadai mungkin tidak terlalu terasa lambatnya atau bahkan tidak bermasalah sama sekali, tapi ketika dibuka di netbook atau tablet dengan prosesor kelas lowend (apalagi yang sudah berumur dan full aplikasi) maka untuk membuka file Buku Kurikulum 2013 terasa berat dengan loading yang lumayan lama.

Bagaimana cara mengatasinya?
Pastikan komputernya sudah dibersihkan dari file-file sampah, uninstall aplikasi yang tidak digunakan, defrag secara rutin dan scan komputer dengan antivirus terupdate untuk memastikan bersih dari virus.
Kalau tahapan diatas sudah dilewati dan komputer masih terasa lambat untuk sekedar membuka file pdf Buku Kurikulum 2013, mungkin software pdf reader yang digunakan untuk membaca file pdf tersebut terlalu berat.

Ganti pdf reader-nya dengan pdf reader yang ringan. 
Salah satu pilihan ringan yang layak untuk dicoba adalah Sumatra PDF, sebuah PDF Reader yang ramping, gratis, dan open-source. Sumatera PDF  memiliki desain minimalis. Tampilan sederhana, kecil dan berjalan lumayan cepat.

Sudah saya coba : memang ringan dan lumayan cepat.

Sebenarnya banyak pilihan software pdf reader lain yang layak dilirik, antara lain : Foxit Reader dan Nitro PDF Reader. namun dengan pertimbangan bobot installer yang paling ringan dan tujuannya hanya untuk membaca pdf saja maka pilihannya tetap jatuh ke Sumatra PDF.

Penggunaan Sumatra PDF akan memperingan kerja komputer apalagi jika harus  membuka aplikasi lain di depan kelas dengan netbook ketika mengajar, misalnya membuka file pdf buku guru sekaligus buku siswa secara bersamaan, sambil memutar slide Powerpoint media pembelajaran melalui tayangan LCD projector.

Semoga bermanfaat

Comments

  1. Pertamanya min. :)
    Menyoal pdf reader apps, saya pikir adobe reader juga sama-sama ringan juga asalkan aplikasi yang diinstal sedikit. Itu sumatra pdf emang developer apps.y dari Sumatra min?

    Agung Kharisma
    Daily Blogger Pro

    ReplyDelete

  2. Awesome! Its genuinely amazing paragraph, I have got much clear idea about from this article. capitalone.com login

    ReplyDelete

  3. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back to your weblog? My blog site is in the very same niche as yours and my visitors would really benefit from a lot of the information you provide here. Please let me know if this alright with you. Regards! yahoo mail sign in

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, mohon tidak menyertakan link aktif, terimakasih.

Popular posts from this blog

Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 Tingkat SMP Lengkap

10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Kurikulum Baru 2013 : Guru dan Teknologi Informasi