Skip to main content

Cara Praktis Menyiasati Jika Buku Kurikulum 2013 Belum Ada

Kurikulum 2013 sudah bergulir resmi dan berlaku serentak di seluruh Indonesia sejak semester satu tahun pelajaran 2014/2015. Namun buku Kurikulum 2013 untuk pegangan siswa dan pegangan guru belum tuntas terdistribusikan ke sekolah-sekolah. Guru dan siswa harus menunggu sampai buku tersebut datang, menunggu menjadi makin tidak menyenangkan apalagi jika yang ditunggu belum jelas kapan akan datang. Buku Siswa dan Buku Guru Kurikulum 2013 yang didistribusikan pihak kemendikbud dan dijanjikan pertengahan Agustus sudah sampai ternyata di beberapa daerah sampai bulan September belum juga sampai.

Menanggapai situasi ini sebagai orang di garda paling depan menghadapi KBM secara langsung, guru tidak bisa hanya sekedar menunggu, langkah-langkah konkrit harus dilakukan sehingga kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dan Kurikulum 2013 bisa dilaksanakan.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan guru :
  1. Mencetak buku guru/buku siswa dan menggandakan dengan foto kopi sejumlah yang diperlukan. Cara ini praktis namun berbiaya mahal sehingga tidak efisien dari segi biaya namun cukup efektif untuk menjembatani ketidaktersediaan buku Kurikulum 2013
  2. Membaca buku siswa/buku guru dalam bentuk softcopy menggunakan laptop atau tablet sementara itu siswa diberikan lembar kerja untuk diskusi
  3. Menggunakan LCD projector untuk menayangkan softcopy buku siswa di dalam  kelas
  4. Mencetak buku siswa beberapa buah sejumlah kelompok diskusi dan siswa menggunakannya dalam diskusi
  5. Mencetak buku siswa beberapa buah dan meletakkannya di perpustakaan, ketika tahap mengamati atau mengumpulkan informasi siswa diminta secara berkelompok mengkaji buku siswa ke perpustakaan
  6. Menyimpan softcopy buku siswa di komputer sekolah yang dapat diakses siswa, dan siswa diminta membaca melalui layar komputer ketika pembelajaran berlangsung atau waktu lain ketika mengerjakan tugas
Demikian cara-cara yang bisa ditempuh untuk mensiasati kekurangan ketersediaan buku kurikulum 2013. Setiap cara diatas dapat dikombinasikan satu dengan yang lain sehingga memberikan dampak yang paling optimal. Ketersediaan sarana prasarana dan biaya tentu menjadi pertimbangan. Untuk menggandakan dengan foto kopi atau dengan cetak langsung melalui printer tentu dibutuhkan biaya yang lumayan banyak apalagi jika jumlah siswanya banyak. Untuk penghematan biaya, penggandaan bisa hanya untuk tema atau bab yang sedang dipelajari saja. Sementara untuk perangkat IT seperti laptop, komputer PC, dan LCD projector mutlak diperlukan ketika memilih cara-cara yang memerlukan perangkat IT.

Dalam menyiasati kekurangan ketersediaan buku Kurikulum 2013 ini setiap guru dengan mempertimbangkan ketersedian sarana dan biaya dapat berkreasi sendiri mengoptimalkan apa yang ada agar KBM tetap berjalan sebaik-baiknya.

Semoga distribusi Buku Kurikulum 2013 segera mencapai targetnya, dan guru serta siswa segera menerimanya agar dapat menggunakannya secara optimal untuk proses belajar mengajar di Kurikulum 2013.

Comments

Popular posts from this blog

Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 Tingkat SMP Lengkap

Silabus Kurikulum 2013 merupakan dokumen dasar penting bagi guru untuk membuat perencanaan pembelajaran. Dari Silabus nanti diturunkan menjadi RPP dan digunakan dalam KBM. Silabus Kurikulum 2013  mengalami perubahan seiring dengan perkembangan implemantasi kurikulum 2013. Edisi awal yang dirilis tahun 2013 telah mengalami beberapa perubahan. Awal bulan September 2014 ketika penulis mengikuti kegiatan IN dalam Pendampingan Kurikulum 2013 memperoleh bundel Silabus Kurikulum 2013 yang sudah direvisi versi terbaru ( tanggal penyimpanan file 02 Juni 2014).



Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 (Juni) Tingkat SMP (kelas 7, 8 dan 9) terbaru semua mata pelajaran lengkap, dapat diunduh dari tautan Dropbox berikut ini :
Silabus Agama Islam SMPSilabus Agam Kristen SMPSilabus Agama Katolik SMPSilabus Agama Hindu SMPSilabus Agama Budha SMPSilabus Agama Khonghucu SMPSilabus PPKn SMPSilabus Bahasa Indonesia SMPSilabus Matematika SMPSilabus IPA SMPSilabus IPS SMPSilabus Bahasa Inggris SMPSilabus Seni Buda…

Kurikulum 2013 SMP/MTs Sesuai Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014

Kurikulum 2013 menjadi bahasan utama dunia pendidikan saat ini. Kemendikbud, dinas pendidikan, sekolah, guru, siswa, orang tua,  komite sekolah dan masyarakat pendidikan membahasnya dalam berbagai kesempatan. Banyak warga sekolah menjadi sibuk dalam mempelajari dan mengimplementasikan kurikulum 2013.


Berikut penjabaran Kurikulum 2013 SMP/MTs menurut Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah : Kurikulum pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yang telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2013/2014 disebut Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah terdiri atas:Kerangka Dasar Kurikulum;Struktur Kurikulum;Silabus; danPedoman Mata Pelajaran.Kerangka Dasar Kurikulum berisi landasan filosofis, sosiologis, psikopedagogis, dan yuridis sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.Struktur Kurikulum merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Das…

PDF Reader Ringan Untuk Buka Softcopy Buku Kurikulum 2013 Yang Berat

Gussmart.com: Softcopy Buku Kurikulum 2013 yang terdiri atas buku guru dan buku siswa dalam format file pdf mempunyai ukuran file yang cukup besar. Kalau dibuka di PC atau laptop dengan kualifikasi prosesor dan memori yang memadai mungkin tidak terlalu terasa lambatnya atau bahkan tidak bermasalah sama sekali, tapi ketika dibuka di netbook atau tablet dengan prosesor kelas lowend (apalagi yang sudah berumur dan full aplikasi) maka untuk membuka file Buku Kurikulum 2013 terasa berat dengan loading yang lumayan lama.

Bagaimana cara mengatasinya? Pastikan komputernya sudah dibersihkan dari file-file sampah, uninstall aplikasi yang tidak digunakan, defrag secara rutin dan scan komputer dengan antivirus terupdate untuk memastikan bersih dari virus. Kalau tahapan diatas sudah dilewati dan komputer masih terasa lambat untuk sekedar membuka file pdf Buku Kurikulum 2013, mungkin software pdf reader yang digunakan untuk membaca file pdf tersebut terlalu berat.
Ganti pdf reader-nya dengan pdf r…