Diary PLPG 2012 : Hari Kesembilan


Diary PLPG 2012 : Hari Kesembilan


Hari kesembilan PLPG Gelombang 2 Rayon 111 UNY untuk mapel IPA dan IPS SMP di Hotel Pangeran Emas Jl. Sisingamangaraja Yogyakarta dimulai sekitar jam 07.30 WIB. Masing-masing kelas peerteaching memulai kegiatannya. Kelas A IPS melaksanakan peerteaching kedua yang sekaligus Ujian Praktik ini dalam dua sesi, empat kelompok maju sampai sekitar jam setengah satu. Sementara satu tim maju setelah jam istirahat. Acara ini berlangsung sama ramainya dengan peerteaching pertama, banyak tim yang membuat media yang menarik dan metode mengajar yang bervariasi sehingga kegiatan ini memang banyak sekali manfaatnya bagi guru untuk mengalami sendiri pengalaman proses KBM yang inovatif dan menyenangkan. Harapannya pengalaman ini akan bisa dipraktikkan ketika mengajar di sekolahnya masing-masing.

Dalam peerteching hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan poin penilaian yang bagus dari penilai antara lain adalah:

  • Pra pembelajaran : persiapan ruang, alat dan media pembelajaran, memeriksa kesiapan siswa
  • Pendahuluan : apersepsi, menyampaikan SK-KD, tujuan dan rencana pembelajaran
  • Penguasaan materi : menunjukkan penguasaan materi, mengaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan
  • Pendekatan/strategi pembelajaran : melaksanakan pembelajaran sesuai kompetensi dan karakteristik siswa, melaksanakan pembelajaran secara runtut, menguasai kelas, melaksanakan pembelajaran secara kontekstual, menumbuhkan kebiasaan positif, ketepatan waktu
  • Pemanfaatan sumber/media belajar : ketrampilan menggunakan media, menarik, melibatkan siswa dalam memanfaatkan media
  • Memicu dan memelihara keterlibatan siswa : menumbuhkan keaktifan, memberikan respon positif, terbuka terhadap respon siswa, menunjukkan hubungan yang kondusif, menumbuhkan keceriaan dan antusias
  • Penilaian proses dan hasil belajar : memantau kemajuan belajar, melakukan penilaian akhir
  • Penggunaan bahasa : bahasa lisan dan tulisan baik, jelas dan benar, menyampaikan dengan gaya yang sesuai, bahasa mudah difahami
  • Penutup : memberikan arahan/kegiatan/tugas untuk pengayaan/remedi
Penting! :
  • Sebanyak mungkin melibatkan siswa
  • Gunakan media yang bervariasi dan mengaktifkan siswa
  • Jangan membeo : misalnya "ini namanya letak geogra...?" - "....fi....."
  • Evaluasi dilaksanakan sebelum kesimpulan (evaluasi-kesimpulan-penugasan)
  • Gunakan pertanyaan "Mengapa" dan "Bagaimana" jangan hanya "Apa"
  • Kesimpulan melibatkan siswa jangan hanya guru
  • Perhatikan waktu ya!

Comments

Popular posts from this blog

Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 Tingkat SMP Lengkap

10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Kurikulum Baru 2013 : Guru dan Teknologi Informasi