Pengumuman UKA, Sergur.kemdiknas.go.id Kenapa Kau?


Siapa bilang menunggu itu menyenangkan? kalau tidak membosankan juga bisa jadi jantungan, haha bercanda. Pengalaman online di dua hari berturut-turut 18 dan 19 Maret 2012 terkait Pengumuman UKA Sertifikasi Guru 2012 bisa menjadi kenangan betapa ketidakpastian menjadikan kehidupan lebih berdetak!

Tanggal 18 Maret 2012 adalah hari paling ditunggu peserta UKA Sergur 2012, yaitu hari diumumkannya hasil UKA, lulus atau tidak. Pagi-pagi sekali tanggal 18 Maret 2012 tiba-tiba saja muncul pengumuman mendadak di situs sergur.kemdiknas.go.id, yaitu bahwa pengumuman UKA diundur pada hari Kamis, 22 Maret 2012. Tentu saja hal ini membuat para peserta UKA yang sudah menunggu-nunggu pengumuman jadi kecewa. Katika saya posting informasi penundaan ini disini, banyak komentar yang muncul menanggapi fenomena "aneh" ini, bernada kekecewaan atau paling tidak mempertanyakan mengapa harus diundur. Padahal hari Jumat tanggal 16 Maret 2012 sudah ada press release tentang hasil UKA yang kemudian banyak dimuat media pada tanggal 17 Maret 2012 terkait hasil UKA secara umum. Lho kok tiba-tiba diundur? apa masalahnya?

Tanggal 19 Maret 2012 sore hari sekitar jam 16.00 WIB ketika saya buka sergur.kemdiknas.go.id muncul tulisan "Under Contruction" - sedang dalam proses rekapitulasi - dan karena sudah tahu pengumuman baru akan disampaikan pada 22 Maret 2012 jadi saya maklum dengan pengumuman tersebut. Beberapa saat kemudian ketika koneksi internet terputus ( biasalah, putus-nyambung adalah kegiatan "wajib" dan "rutin" si Pleki maupun si Semar ketika di rumah) saya koneksikan lagi dan meng-F5 tab browser Chrome yang sedang membuka sergur.kemdiknas.go.id tiba-tiba muncul tampilan yang tidak terduga sebelumnya, apa lagi jika bukan Pengumuman Kelulusan UKA! Lho? katanya diundur kok sudah muncul hari ini? Ah tidak tahulah, yang penting pengumuman sudah ada dan saya ingin segera tahu hasilnya. Saya buka link-nya tapi tidak berhasil, beberapa kali dicoba ditengah putus-nyambungnya koneksi dan F5 yang ditekan berkali-kali plus waktu loading yang lemot habis... akhirnya sekitar jam 17.00 WIB saya berhasil mendapatkan informasi yang saya butuhkan.. leganya...

What next? 
Naluri blogger tidak jauh dari posting dan posting.. hehe, saya yakin banyak sekali sahabat-sahabat pengunjung blog yang belum tahu informasi ini, karena sebelumnya mereka tahunya dan saya juga sudah posting disini bahwa pengumuman UKA diundur. Jadi segera saja saya posting informasi tersebut di gusschool, saya juga update status di page gusschool untuk menjangkau teman-teman pengunjung blog yang sedang FB-an. Dan tidak lama setelah itu mulai bermunculan komentar di posting blog maupun di page FB, kebanyakan menyatakan bahwa situs sergur.kemdiknas.go.id sulit dibuka! Nah lho! saya pun coba buka dan benar si sergur.kemdiknas.go.id ini ngembek - kadang berhasil kadang tidak. Aduh kenapa pakai ngadat masbro, sedang banyak yang butuh malah ngambek..

Yang bisa saya sarankah adalah bersabar dan menunggu waktu yang tepat alias sepi alias nanti malam atau besok pagi sebelum Shubuh, siapa tahu sergur.kemdiknas.go.id sudah tidak ngambek lagi. Kemungkinan besar servernya hang karena banyak permintaan data secara bersamaan, maklum ada 248.733 peserta yang penasaran. Kalau 100.000 orang saja mengakses data secara bersamaan pantaslah kalau sergur.kemdiknas.go.id kewalahan. Mastinya hal ini bisa diantisipasi karena ini fasilitas pemerintah yang tentu bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada agar layanan  "pengumuman online" semacam ini tidak menyebalkan karena lambat dan susah diakses.

Okelah tak ada gading yang tak retak. Segala sesuatu kita bisa ambil hikmahnya. Apalagi kalau itu diluar jangkauan kendali kita, bukankah berprasangka baik itu lebih baik? Mungkin ketidakpastian lelet and lemot ini bisa makin melatih kesabaran kita, toh kesabaran itu tidak ada batasnya kan? Yang sabar pasti lulus! Amin.. Tetap semangat dan tetap Smart!

Comments

Popular posts from this blog

Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2014 Tingkat SMP Lengkap

10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Kurikulum Baru 2013 : Guru dan Teknologi Informasi