Tuesday, March 20, 2012

Situs Terpopuler Pengumuman UKA http://sergur.kemdiknas.go.id


Situs terpopuler disekitar waktu Pengumuman Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru Tahun 2012 tidak lain tidak bukan adalah http://sergur.kemdiknas.go.id/ . Situs ini menjadi satu-satunya pintu gerbang online untuk mengakses informasi pengumuman UKA maupun Sertifikasi Guru 2012. Inilah mengapa ketika hajat hidup ratusan ribu guru sedang dalam tingkatan tertinggi untuk mengetahui nasibnya di kelulusan UKA, sergur.kemdiknas.go.id menjadi situr terpopuler, tapi sayang kepopulerannya menjadi bumerang baginya, sergur.kemdiknas.go.id tidak dapat diakses karena terlalu banyak pengunjung.

Mulai saat pengumuman UKA dijadwalkan 18 Maret 2012, penundaan pengumuman UKA pada 18 Maret 2012 pagi, dan pengumuman UKA "tiba-tiba" keluar pada 19 Maret 2012 sore, sampai hari ini, ketika postingan ini dibuat, kunjungan ke sergur.kemdiknas.go.id pastilah sangat tinggi, kunjungan yang tidak akan terjadi pada hari-hari biasa.

Inilah dilema situs populer yang tidak dibarengi dengan infrastruktur sistem yang siap terhadap kunjungan super banyak seperti ini, parahnya fasilitas pemerintah ini tidak punya tempat lain sebagai alternatif untuk mengakses informasi yang dibutuhkan, sehingga ketika gerbang utama tertutup karena engselnya ngadat, pengunjung yang sangat berhasrat ini tidak punya jalan lain untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Kurang siap? kesimpulan sementara memang panitia belum siap 100% dengan sergur online ini, paling tidak dibeberapa segi belum terlayani dengan baik, seperti ketika mulai pengumuman peserta sergur, update peserta, kisi-kisi UKA sampai dengan pengumuman UKA seperti ini. Website sergur.kemdiknas.go.id yang menjadi portal informasi Sertifikasi Guru Tahun 2012 mestinya bandel dan tahan banting, sehingga ratusan ribu peserta yang membutuhkan informasi dapat terlayani, paling tidak jika terjadi trouble tidak berlarut-larut seperti sekarang ini dan dapat segera diatasi.

Mempermaklumkan kendala situs populer semacam sergur.kemdiknas mungkin bisa untuk sebagian orang tapi saya yakin tidak untuk sebagain besar yang lainnya, peserta tahunya informasi ada di situs ini, ya harus bisa diakses dan yang dibutuhkan segera dapat diperoleh. Kenyataannya masih jauh panggang dari api. Pihak Kemdiknas yang mestinya bisa maklum dengan situasi dan menyiapkan infrastruktur yang memang siap untuk melayani para peserta, toh hanya mau lihat pengumuman, kok susah amat? apa tidak lebih baik juga menggunakan media cetak untuk mengumumkan sehingga ada alternatif sumber informasi, tidak hanya satu jalur, dan saya yakin ini akan lebih menjangkau.

Yang bisa kita maklumkan mungkin adalah bahwa sistem online ini adalah keniscayaan di masa sekarang ini, ketika kebutuhan akan informasi lebih banyak lebih cepat dan tersedia kapan saja. Kalau saja ternyata masih sedikit, lambat dan tidak tersedia sepanjang waktu, mungkin itu adalah proses belajar untuk mencapai sistem online di tahun depan yang lebih baik. Semoga.
Read more >>

Monday, March 19, 2012

Pengumuman UKA, Sergur.kemdiknas.go.id Kenapa Kau?


Siapa bilang menunggu itu menyenangkan? kalau tidak membosankan juga bisa jadi jantungan, haha bercanda. Pengalaman online di dua hari berturut-turut 18 dan 19 Maret 2012 terkait Pengumuman UKA Sertifikasi Guru 2012 bisa menjadi kenangan betapa ketidakpastian menjadikan kehidupan lebih berdetak!

Tanggal 18 Maret 2012 adalah hari paling ditunggu peserta UKA Sergur 2012, yaitu hari diumumkannya hasil UKA, lulus atau tidak. Pagi-pagi sekali tanggal 18 Maret 2012 tiba-tiba saja muncul pengumuman mendadak di situs sergur.kemdiknas.go.id, yaitu bahwa pengumuman UKA diundur pada hari Kamis, 22 Maret 2012. Tentu saja hal ini membuat para peserta UKA yang sudah menunggu-nunggu pengumuman jadi kecewa. Katika saya posting informasi penundaan ini disini, banyak komentar yang muncul menanggapi fenomena "aneh" ini, bernada kekecewaan atau paling tidak mempertanyakan mengapa harus diundur. Padahal hari Jumat tanggal 16 Maret 2012 sudah ada press release tentang hasil UKA yang kemudian banyak dimuat media pada tanggal 17 Maret 2012 terkait hasil UKA secara umum. Lho kok tiba-tiba diundur? apa masalahnya?

Tanggal 19 Maret 2012 sore hari sekitar jam 16.00 WIB ketika saya buka sergur.kemdiknas.go.id muncul tulisan "Under Contruction" - sedang dalam proses rekapitulasi - dan karena sudah tahu pengumuman baru akan disampaikan pada 22 Maret 2012 jadi saya maklum dengan pengumuman tersebut. Beberapa saat kemudian ketika koneksi internet terputus ( biasalah, putus-nyambung adalah kegiatan "wajib" dan "rutin" si Pleki maupun si Semar ketika di rumah) saya koneksikan lagi dan meng-F5 tab browser Chrome yang sedang membuka sergur.kemdiknas.go.id tiba-tiba muncul tampilan yang tidak terduga sebelumnya, apa lagi jika bukan Pengumuman Kelulusan UKA! Lho? katanya diundur kok sudah muncul hari ini? Ah tidak tahulah, yang penting pengumuman sudah ada dan saya ingin segera tahu hasilnya. Saya buka link-nya tapi tidak berhasil, beberapa kali dicoba ditengah putus-nyambungnya koneksi dan F5 yang ditekan berkali-kali plus waktu loading yang lemot habis... akhirnya sekitar jam 17.00 WIB saya berhasil mendapatkan informasi yang saya butuhkan.. leganya...

What next? 
Naluri blogger tidak jauh dari posting dan posting.. hehe, saya yakin banyak sekali sahabat-sahabat pengunjung blog yang belum tahu informasi ini, karena sebelumnya mereka tahunya dan saya juga sudah posting disini bahwa pengumuman UKA diundur. Jadi segera saja saya posting informasi tersebut di gusschool, saya juga update status di page gusschool untuk menjangkau teman-teman pengunjung blog yang sedang FB-an. Dan tidak lama setelah itu mulai bermunculan komentar di posting blog maupun di page FB, kebanyakan menyatakan bahwa situs sergur.kemdiknas.go.id sulit dibuka! Nah lho! saya pun coba buka dan benar si sergur.kemdiknas.go.id ini ngembek - kadang berhasil kadang tidak. Aduh kenapa pakai ngadat masbro, sedang banyak yang butuh malah ngambek..

Yang bisa saya sarankah adalah bersabar dan menunggu waktu yang tepat alias sepi alias nanti malam atau besok pagi sebelum Shubuh, siapa tahu sergur.kemdiknas.go.id sudah tidak ngambek lagi. Kemungkinan besar servernya hang karena banyak permintaan data secara bersamaan, maklum ada 248.733 peserta yang penasaran. Kalau 100.000 orang saja mengakses data secara bersamaan pantaslah kalau sergur.kemdiknas.go.id kewalahan. Mastinya hal ini bisa diantisipasi karena ini fasilitas pemerintah yang tentu bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada agar layanan  "pengumuman online" semacam ini tidak menyebalkan karena lambat dan susah diakses.

Okelah tak ada gading yang tak retak. Segala sesuatu kita bisa ambil hikmahnya. Apalagi kalau itu diluar jangkauan kendali kita, bukankah berprasangka baik itu lebih baik? Mungkin ketidakpastian lelet and lemot ini bisa makin melatih kesabaran kita, toh kesabaran itu tidak ada batasnya kan? Yang sabar pasti lulus! Amin.. Tetap semangat dan tetap Smart!
Read more >>

Thursday, March 15, 2012

Search Engine NUPTK Kini Sudah Hadir

Search Engine NUPTK? apaan tuh?
Hari ini ketika mengecek sergur.kemdiknas, untuk memantau pengumuman UKA, ehh muncul jendela informasi tentang NUPTK, yang mempromosikan halaman situs NUPTK dengan tampilan baru, tentu ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh banyak PTK se-Indonesia ya. Setelah selama ini - terutama saat proses Sertifikasi Guru 2012 kemarin dimulai - website NUPTK banyak sekali yang mencoba mengaksesnya untuk mencari informasi terkait NUPTK, tapi kemarin-kemarin masih belum bisa diakses secara optimal, sebagian menu tidak berfungsi dan yang lainnya. Kabar burung mengatakan bahwa situs NUPTK sedang dalam proses perbaikan, menyusul berhentinya layanan Dapodik. Ternyata memang benar ya kabar itu, buktinya sekarang situs NUPTK sudah tampil dengan sajian baru dan semoga saja dapat berfungsi optimal. Ini dia promosi situs baru NUPTK itu :


Situs NUPTK yang disebut Search Engine NUPTK ini adalah layanan untuk mencari data NUPTK, Pengaduan terkait NUPTK, dan Update data NUPTK. Tampil dengan desain baru dan relatif ramah pengguna, Search Engine NUPTK ini hadir untuk melayani PTK yang akan menelusuri NUPTK yang sudah diterbitkan. Dalam Penelusuran NUPTK ini dapat dilakukan pencarian NUPTK dari nama (depan), sekolah tempat tugas, maupun dari NUPTK.



Sahabat PTK sudah mengeceknya? segera kunjungi psdmp.kemdiknas.go.id untuk melihat status NUPTK Anda. Seperti yang  tertulis dalam jendela promo diatas, Search Engine NUPTK ini dapat dimanfaatkan untuk,

  • Cek data NUPTK bagi yang telah ikut sertifikasi guru
  • Cek data NUPTK bagi yang akan ikut sertifikasi guru
  • Cek data NUPTK terkait tunjangan profesi
  • Cek data NUPTK terkait kenaikan pangkat
  • Cek data NUPTK terkait penilaian kinerja guru/guru dengan tugas tambahan
  • Cek data NUPTK terkait peningkatan kompetensi
  • Cek data NUPTK terkait hal-hal yang lain
Wah.. lengkap bukan? maksudnya bahwa NUPTK sekarang ini memang menjadi nomer wajib bagi PTK untuk bisa mendapatkan akses lebih luas dalam peningkatan profesionalisme maupun kesejahteraan.
Read more >>

Monday, March 12, 2012

Simak Ini : Tata Tertib Peserta Ujian Nasional 2012

Mau UN tahun 2012 ini? sudah siap-siap belum? oke, untuk menambah persiapan kamu semua terutama yang di SMP dan SMA, selain mapel ujian nasional yang sudah pasti harus dipersiapkan dengan belajar sungguh-sungguh, informasi terkait penyelenggaraan UN 2012 juga layak kalian dapatkan lebih awal, sehingga ketika memasuki ruang Ujian Nasional 2012 nanti kalian sudah mengetahui banyak hal tentang proses penyelengaraannya sehingga membuat kalian lebih tenang, semoga ya! dan untuk Bapak Ibu Guru, pasti sudah tahu ya tentang hal ini, bisa juga ikut mengeceknya Bapak dan Ibu, siapa tahu ada yang baru dari Tata Tertib Peserta Ujian Nasional 2012 ini.

Silahkan simak Tata Tertib Peserta Ujian Nasional 2012 berikut ini,
  1. Peserta UN memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum UN dimulai;
  2. Peserta UN yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti UN setelah mendapat izin dari ketua Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah, tanpa diberi perpanjangan waktu;
  3. Peserta UN dilarang membawa alat komunikasi elektronik dan kalkulator ke sekolah/madrasah;
  4. Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun dikumpulkan di depan kelas di samping pengawas;
  5. Peserta UN membawa alat tulis menulis berupa pensil 2B, penghapus, penggaris, dan kartu tanda peserta ujian;
  6. Peserta UN mengisi daftar hadir dengan menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas ruangan;
  7. Peserta UN mengisi identitas pada LJUN secara lengkap dan benar  serta menandatangani pernyataan “mengerjakan UN dengan jujur”;
  8. Peserta UN yang memerlukan penjelasan cara pengisian identitas pada LJUN dapat bertanya kepada pengawas ruang UN dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu;
  9. Peserta UN mulai mengerjakan soal setelah ada tanda waktu mulai ujian dengan terlebih dahulu menuliskan kode paket soal pada LJUN;
  10. Selama UN berlangsung, peserta UN hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dan pengawasan dari pengawas ruang UN.
  11. Peserta UN yang memperoleh naskah soal yang cacat atau rusak, pengerjaan soal tetap dilakukan sambil menunggu penggantian naskah soal UN.
  12. Peserta UN yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali lagi sampai  tanda  selesai  dibunyikan,  dinyatakan  telah  selesai  menempuh/mengikuti  UN pada mata pelajaran yang terkait.
  13. Peserta UN yang  telah selesai mengerjakan soal sebelum  waktu UN berakhir tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan sebelum berakhirnya waktu ujian.
  14. Peserta UN berhenti mengerjakan soal setelah ada tanda berakhirnya waktu ujian.
  15. Selama UN berlangsung, peserta UN dilarang:
    1. menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;
    2. bekerjasama dengan peserta lain;
    3. memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal;
    4. memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
    5. membawa naskah soal UN dan LJUN keluar dari ruang ujian;
    6. menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
  16. Khusus bagi peserta UN yang tunanetra diperbolehkan membawa alat bantu khusus (abakus) ke dalam ruang ujian
Semoga bermanfaat.. Salam UN 2012! semoga sukses, amin!

Sumber : Juknis UN 2012 untuk SMP SMA
Read more >>

Sunday, March 11, 2012

Ini Dia Pertandingan Catur yang Dasyat ala Andrea Hirata


Menonton Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV hari ini, ada satu penampil yang membawakan lawakan dunia olahraga dalam komedinya, antara lain tentang olahraga catur. Catur menurut sang comic, adalah cabang olahraga yang tidak termasuk olahraga karena berbagai alasan, tentu saja semua itu adalah bahan lawakan saja, karena memang sang comic sedang mencoba membuat audiens di  Liquid Cafe, tempat berlangsungnya acara, tertawa.

Catur menurut sang comic adalah "olahraga" yang tidak seru, tidak ada momen-momen seperti di pertandingan sepakbola dimana pemain dan penonton sama-sama seru. Mendengar lelucon itu saya jadi teringat pada pertandingan catur yang bukan tidak seru tapi malah lebih seru dari pertandingan olahraga manapun, saya menyebutkanya pertandingan catur yang dasyat.

Pertandingan catur itu adalah antara Maryamah dengan Overste Djemalam dan final antara Maryamah dengan Matarom. Dua pertandingan itu tidak hanya seru tapi sangat dasyat, tidak hanya pemain dan penonton yang mengalami gegap gempitanya pertandingan itu tapi juga saya yang nun jauh dari waktu dan tempat kejadian.

Coba kita tengok pertandingan catur antara Maryamah dengan Overste Djemalam ini:

"Overste terpojok. Maryamah tak mengurangi intensitas serangan. Perwiranya dapat dikatakan berperilaku membabi buta. Menterinya menjelma menjadi pedang menetak lelaki-lelaki ganas yang tadi menyerangnya. Anjing-anjing pemburu babi hutan semburat ketakutan. Pertandingan berubah menjadi dramatis karena buah catur Overste hampir habis.
Aku tak tahu apa yang ada dalam pikiran Overste dan tak paham teknik apa yang diterapkan Maryamah. Namun, tampak di situ papan catur telah berubah serupa pembantaian di Padang Karbala. Dari seorang perempuan pendulang timah tak berijazah, Maryamah berubah menjadi seorang pecatur adiluhung. Dari pemangsa, Overste berubah menjadi dimangsa.
Akhirnya raja Overste berdiri sendiri karena semua pengawalnya telah berpulang kepada Tuhan. Wajah Overste sulit dijelaskan. Satu wajah yang malu, ego yang terluka parah, wibawa yang rontok, gamang, dan terkejut, bercampur dengan harapan yang patah mangkas tak dapat disambung lagi. Semua itu tak dapat ditopenginya, gagal. Dari seorang lelaki garang yang serakah, ia berubah menjadi lelaki yang sangat canggung. Maryamah menjentikkan kudanya. Seekor kuda sembrani bernapas api. Sekali terjang, raja Overste terjengkang."


Lalu yang ini, pertandingan final antara Maryamah dan Matarom:

"Beberapa langkah kemudian, wajah Matarom menjadi pias melihat Maryamah mulai membentuk satu formasi yang asing. Ia terperangah menyaksikan buah catur Maryamah terkonfigurasi secara aneh, dan ia ketakutan menunggu serangan dari balik kegelapan. Maryamah bertindak semakin membingungkan. Para penonton yang mengerti catur takjub melihat sebuah teknik virtuoso yang tak pernah mereka lihat sebelumnya. Mitoha dan Overste Djemalam terheran-heran. Aku sendiri tak tahu apa yang sedang terjadi. Alvin menutup mulutnya dengan tangan. Master Abu Syafaat menatap papan catur dengan cemas sekaligus terpana. Ia tahu yang dilakukan Maryamah pasti akan berakibat fatal, tapi ia tak mampu memahami teknik Maryamah yang sangat ganjil itu, Nochka menoleh padaku tersenyum.
“Guioco Piano,” desahnya dengan nada kagum.
Selanjutnya, Matarom seperti terjebak dalam permainan tali-temali yang membinasakan. Semakin ia bergerak, semakin ia tercekik. Gerakan buah catur Maryamah likat dan trengginas mencerminkan masa lalu yang menggiriskan dengan lelaki di depannya. Setiap strategi yang ia ambil adalah pembalasan atas kesemena-menaan lelaki itu. Setiap langkah buah caturnya adalah sederajat martabat yang ia kumpul-kumpulkan kembali.
Matarom membalas dengan tekniknya yang terkenal: Rezim Matarom. Pendukungnya gegap gempita menyemangatinya. Matarom kalap karena nafsu membunuh telah menguasainya. Papan catur perak menjelma menjadi Laut Cinta Selatan. Bahtera perompak menyeruak di antara gempuran ombak. Raja berekor berdiri dengan garang di haluan. Pedang Panglima Kwan Peng menebas leher prajurit-prajurit Maryamah. Darah mengenang di geladak.
Maryamah memutar haluan. Kedua bahtera terlibat dalam pertempuran maritim yang dahsyat. Perwira-perwira Maryamah berlompatan ke bahtera perompak. Menterinya menjadi admiral, menusuk pinggang kiri raja berekor, persis seperti saran Nochka.
Raja kanibal itu limbung. Rezim Matarom pun terburai. Rezim itu bukanlah tandingan Guioco Piano. Sebuah strategi Italia kuno yang memiliki daya bunuh yang kuat. Grand Master Ninochka Stronovsky bukan pula lawan seimbang bagi Master Nasional Abu Syafaat
Matarom menyerbu lagi dengan putus asa, namun Guioco Piano telah mencapai titik bunuhnya. Maryamah mengangkat kudanya. Ia bangkit dan menarik selendang pembatas sehingga bertatapan langsung dengan Matarom. Wajahnya bersimbah air mata. Dientakkannya kembali sang kuda sambil menjerit: sekakmat!"


Dasyat bukan? ini pertandingan catur yang lebih dasyat dari pertandingan olahraga manapun. Luar Biasa...

Tentu Anda tahu pertandingan yang saya maksudkan bukan? ya benar, ini adalah pertandingan catur dasyat yang dilukiskan Andrea Hirata dalam novel kedua dwilogi Padang Bulan, berjudul Cinta di Dalam Gelas. Baru pertama saya membaca laporan pandangan mata jalannya sebuah pertandingan catur yang dasyat dan dramatis seperti itu. Inilah kehebatan Andrea Hirata dalam menjalin kata-kata menjadi kalimat dan mengumpulkannya dalam paragraf-paragraf sehingga membentuk mozaik-mozaik yang dirangkai dalam novel yang luar biasa.

Jadi pertandingan catur yang "tidak seru" seperti yang digambarkan comic dalam Stand Up Comedy diatas tidak sepenuhnya benar bukan? hehe tentu saja, karena ada pertandingan catur dasyat ala Andrea Hirata yang mampu membawa kengerian pembantian Padang Karbala dan peperangan dasyat dengan perampok di Laut China Selatan di atas papan catur.
Read more >>

Friday, March 9, 2012

Tarif Mengurus SIM, STNK, BPKB, Sidik Jari dan Lain-Lain Menurut PP No 50 Tahun 2010

Tarif Mengurus SIM, STNK, BPKB, Sidik Jari dan Lain-Lain Menurut PP No 50 Tahun 2010 yang Guss hadirkan untuk pembaca kali ini adalah kutipan dari sebagian isi Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Masih terkait dengan Prosedur dan Syarat Perpanjangan SIM C yang saya posting sebelumnya, daftar jenis dan tarif menurut PP No 50 Tahun 2010 ini memuat secara lengkap Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Ini penting diketahui masyarakat agar masyarakat tahu jenis dan besar tarif yang harus dibayarkan ketika mengurus berbagai hal di Kepolisian.

Oke ini dia daftar lengkap Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia menurut PP No 50 Tahun 2012,


Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia meliputi penerimaan dari:
  1. penerbitan Surat Izin Mengemudi;
  2. pelayanan ujian keterampilan mengemudi melalui simulator;
  3. penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan;
  4. penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan;
  5. penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor;
  6. penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor;
  7. penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Ke Luar Daerah;
  8. penerbitan Surat Izin Senjata Api dan Bahan Peledak;
  9. penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
  10. penerbitan Surat Keterangan Lapor Diri;
  11. penerbitan Kartu Sidik Jari (Inafis Card); dan
  12. denda pelanggaran lalu lintas.
Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia

JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK
SATUAN
TARIF


I.

Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM):
A. Penerbitan SIM A
1.  Baru
2.  Perpanjangan
B. Penerbitan SIM B I
1.  Baru
2.  Perpanjangan
C. Penerbitan SIM B II
1.  Baru
2.  Perpanjangan
D. Penerbitan SIM C
1. Baru
2. Perpanjangan
E.  Penerbitan SIM D (khusus penyandang cacat)
1.  Baru
2.  Perpanjangan
F. Pembuatan SIM Internasional
1. Baru
2. Perpanjangan




Per Penerbitan
Per Penerbitan

Per Penerbitan
Per Penerbitan

Per Penerbitan
Per Penerbitan

Per Penerbitan
Per Penerbitan


Per Penerbitan
Per Penerbitan

Per Penerbitan
Per Penerbitan




Rp.          120.000,00
Rp.            80.000,00

Rp.          120.000,00
Rp.            80.000,00

Rp.          120.000,00
Rp.            80.000,00

Rp.          100.000,00
Rp.            75.000,00


Rp.            50.000,00
Rp.            30.000,00

Rp.          250.000,00
Rp.          225.000,00

II

Pelayanan ujian keterampilan menge-mudi melalui simulator


Per Ujian

Rp.           50.000,00

III


Penerbitan Surat Tanda Nomor
Kendaraan (STNK)
A. Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum
B.  Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
C. Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)




Per Penerbitan

Per Penerbitan

Per Pengesahan/ Tahun



Rp.           50.000,00

Rp.           75.000,00

Rp.                    0,00


IV.

Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK)


Per Penerbitan/Per Kendaraan

Rp.           25.000,00

V.

Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB)
A.  Kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3
B. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih




Per Pasang

Per Pasang



Rp.           30.000,00

Rp.           50.000,00

VI.

Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan
Bermotor (BPKB)
A. Kendaraan bermotor roda 2 / roda 3
1.  Baru
2.  Ganti Kepemilikan
B. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih
1.   Baru
2.   Ganti Kepemilikan





Per Penerbitan
Per Penerbitan

Per Penerbitan
Per Penerbitan




Rp.            80.000,00
Rp.            80.000,00

Rp.          100.000,00
Rp.          100.000,00

VII

Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Ke Luar Daerah


Per Penerbitan

Rp.            75.000,00

VIII

Penerbitan Surat Izin Senjata Api dan Bahan Peledak

A. Senjata Api Non Organik TNI/POLRI
1.   Izin Penggunaan untuk Prajurit Tentara Nasional Indonesia, ang-gota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Purnawirawan
2.   Untuk kelengkapan tugas Polisi Khusus/ Satuan Pengamanan
a.  Buku Pas (Izin Pemilikan) Senjata Api
1)  Buku Pas Baru
2)  Buku Pas Pembaruan
b. Izin Penggunaan
3.  Untuk Olah Raga
a.  Buku Pas
1)  Buku Pas Baru
2)  Buku Pas Pembaruan
b.  Izin Penggunaan untuk Olah Raga
1)  Tembak Reaksi
2)  Target
3)  Berburu
4.  Untuk Koleksi
a.  Buku Pas
1)  Buku Pas Baru
2)  Buku Pas Pembaruan
b.  Izin Menyimpan
5.  Untuk Bela Diri
a.  Buku Pas
1)  Buku Pas Baru
2)  Buku Pas Pembaruan
b. Izin Penggunaan

B.  Peralatan Keamanan yang digolong-kan Senjata Api
1.  Senjata Peluru Karet
a.  Buku Pas
b. Izin Penggunaan
2.  Senjata Peluru Pallet
a.  Buku Pas
b. Izin Penggunaan
3. Senjata Peluru Gas
a.  Buku Pas
b.  Izin Penggunaan
4. Izin Kepemilikan dan Penggunaan Semprotan Gas
5.  Izin Kepemilikan dan Penggunaan Kejutan Listrik

C.  Bahan Peledak komersial
1.  Izin Impor
2.  Izin Ekspor
3.  Izin Re-ekspor
4.  Izin Gudang
5.  Izin Pemilikan, Penguasaan, dan Penyimpanan
6.  Izin Pembelian dan Penggunaan
7.  Izin Produksi
8.  Izin Pemusnahan

D.  Kembang Api
1.  Izin Impor
2.  Izin Ekspor
3.  Izin Re-ekspor
4.  Izin Gudang
5.  Izin Pemilikan, Penguasaan, dan Penyimpanan
6.  Izin Pembelian dan Penggunaan
7.  Izin Produksi
8.  Izin Pemusnahan






Per Kartu







Per Buku
Per Buku
Per Kartu


Per Buku
Per Buku


Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin


Per Buku
Per Buku
Per Surat Izin


Per Buku
Per Buku
Per Kartu




Per Buku
Per Kartu

Per Buku
Per Kartu

Per Buku
Per Kartu
Per Kartu

Per Kartu



Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin

Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin


Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin

Per Surat Izin
Per Surat Izin
Per Surat Izin






Rp.                    0,00







Rp.         150.000,00
Rp.           25.000,00
Rp.           50.000,00


Rp.        150.000,00
Rp.          25.000,00


Rp.          50.000,00
Rp.          50.000,00
Rp.        100.000,00


Rp.        150.000,00
Rp.         25.000,00
Rp.         50.000,00


Rp.       150.000,00
Rp.         25.000,00
Rp.    1.000.000,00




Rp.         25.000,00
Rp.       225.000,00

Rp.         25.000,00
Rp.       225.000,00

Rp.         25.000,00
Rp.         75.000,00
Rp.         50.000,00

Rp.         50.000,00



Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00

Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00


Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00

Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00
Rp.       500.000,00


IX.

Penerbitan Surat Keterangan Catatan
Kepolisian

Per Penerbitan

Rp.         10.000,00

X.

Penerbitan Surat Keterangan Lapor Diri
A.  Pemegang Kartu Izin Tinggal Tetap
B.  Pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas



Per Kartu
Per Kartu


Rp.       200.000,00
Rp.       100.000,00

XI.

Penerbitan Kartu Sidik Jari (Indonesia
Automatic Fingerprint Identification
System Card/Inafis Card)


Per Kartu


Rp.        35.000,00

Untuk mengunduh PP No 50 Tahun 2010 dapat mengunjungi situs berikut ini:
Semoga informasi ini bermanfaat ya! Salam Smart!
Read more >>